Tips

Saya tertipu beli t-shirt UT Uniqlo palsu.

Manteman yang sudah beberapa kali mampir ke blog Inspirazzle ini mungkin sudah tau kalau saya adalah ARMY atau fans nya k-pop idol grup BTS.

Salah satu kerugiannya jadi ARMY tuwir adalah susahnya membagi jadwal ngefans dengan jam kerja. Misalnya seperti waktu Uniqlo merilis seri UT Uniqlo X BT21 yang ngantrinya sampe 2-4 jam, ya terpaksa saya merelakan nggak bisa ikut ngantri dan pastinya ya nggak kebagian kaosnya.

Walau stok di Indonesia ludes-des-des dalam 2 hari aja, saya mulai denger-denger kalau di beberapa negara lain T-shirt ini ternyata masih available. Mulailah saya mencari jasa jastipan Uniqlo x BT21 ini.

Akhirnya setelah bookmark beberapa, saya menjatuhkan pilihan pada salah satu seller di Shopee. Pertama harganya lebih murah. Kedua review dari kustomer sebelumnya positif. Ketiga jenis yang saya pengen masih ada.

Tapi setelah saya order, saya mulai ada perasaan nggak enak. Dan bener aja, setelah barangnya datang ternyata PALSU sodara-sodari. Saya jadi ingin berbagi mengenai bagaimana mengenali Uniqlo UT yang asli supaya manteman tidak terjebak membeli barang KW-an seperti saya.

Red Flag nya

Harganya

Ini kesalahan saya sih karena tergiur dengan harga lebih rendah. Pemikiran saya waktu itu begini. Memang sudah biasa harga barang branded berbeda-beda di tiap negara, biasanya karena perbedaan kurs. Contohnya Uniqlo UT di Indonesia harganya adalah Rp.149.000 tapi di Singapura harganya kurang lebih Rp.180.000-an setelah dirupiahkan.

Kebetulan waktu saya order T-shirt ini berbarengan dengan dimulainya demontrasi mahasiswa di Hongkong. Dolar Hongkong turun drastis membuat saya berpikir kalau harganya jadi lebih murah karena perubahan kurs ini. Selain itu banyak seller di Shopee atau Tokopedia yang ambil untung sedikiiiiit banget. Jadi saya anggap kalau harga aslinya 170rb, si seller ambil 10rb, dijual lagi 179rb masih oke.

Model

Nah, point ini yang bikin saya paling pengen jitak diri sendiri. Model yang saya beli adalah model favorit, dalam size favorit juga. Harusnya curiga donk yes kok bisa sih masih ready?. Logikanya, kalau Seller adalah jastip-an profesional ini pasti barang sisa hasil dia ngantri di Uniqlo yang nggak kejual. Harusnya yang kesisa ya pastinya model-model yang nggak favorit donk, size juga mungkin tinggal yang super kecil atau super besar. So, yes, I blamed myself for this.

Waktu pengiriman

Barang ini ditandai “Pre-order” oleh Seller, yang awalnya menurut saya nggak aneh karena judulnya “PO HongKong”. Belanja dari seller internasional memang biasanya memakan waktu 2 minggu sampai barang di tangan kita. Jadi saya pikir memang selama itulah pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia pake jasa kargo kapal laut yang paling murah, belum lagi proses becuk di Indonesia yang emang ribet.

Nah, kecurigaan saya mulai muncul setelah saya order t-shirt ini, Sy order jastipan VT x BTS Sweet Edition Cushion and Lip Liquid dari Singapura dari seller lain di Shopee yang sampe cuma dalam seminggu. Yes, saya baru kepikiran kalau tim jastipan ini kan biasanya pakai pesawat, jadi harusnya bisa lebih cepat apalagi kalau kembali ke point model dan size tadi itu, dianggap barang ready, kok sampenya lama banget. Curigation on banget.

Bagaimana Membedakan Uniqlo UT Asli Atau Palsu

Setelah 2 minggu, akhirnya paketnya sampe. Setelah dibuka ternyata red flag saya benar adanya. Palsu sepalsu-palsunya, walaupun orang yang nggak familiar dengan Uniqlo UT mungkin nggak akan ngeh bedanya dimana. (Menjelaskan kenapa si Seller dapat banyak review positif dari kustomer sebelum saya).

Uniqlo, biarpun bukan produk branded super mihil tetap punya beberapa ciri khas yang membedakan produk asli mereka dengan produk KW-an. Jadi kalau manteman mau order jastipan Uniqlo, baiknya minta foto barang bagian-bagian ini yang membuktikan kalau Uniqlo UT yang manteman akan beli adalah ASLI.

Sablonan

Sorry to say, saya harus mengakui kalau bahan T-shirt Uniqlo UT sebenarnya nggak terlalu istimewa. Malah kalau masih baru bahannya terasa kasar dan kaku, enaknya baru setelah dicuci beberapa kali melemas bahannya. So, beberapa Uniqlo UT KW bisa jadi punya bahan yang mirip bahkan mungkin lebih nyaman dipegang dibanding yang asli.

Tapi sablonan ga mungkin bohong. Sablonan Uniqlo UT adalah jenis sablon yang gambarnya seperti meresap ke dalam bahan kausnya, tapi nggak tembus sampe ke belakangnya lho. Dalam kondisi baru, sablonannya seringkali masih kayak misah seperti foil plastik, tapi kalau diperhatian di permukaan sablonan bisa terlihat alur serat kain dan setelah dicuci beberapa kali apabila diraba manteman tidak akan bisa membedakan tekstur kaos dengan sablonan. Selain itu sablonan Uniqlo UT tidak mengkilap, bahkan dalam kondisi baru tidak akan ada refleksi cahaya di permukaannya.

Sedangkan Uniqlo UT palsu yang saya beli ini sablonannya jelek, seperti plastik ditempel, mengkilap banget, bahkan warna baby pink si Cooky pun sangat-sangat off.


Gantungan Tag

Produk Uniqlo yang asli tidak pernah menggunakan jenis tali tag yang ditembak sampai melubangi bahan. Terutama untuk Uniqlo UT di bagian kerah belakang dekat sablonan logo, ada pita kecil yang fungsinya untuk menggantungkan tali tag disana. Pita ini biasanya warnanya sama persis dengan warna bahan bajunya sendiri, jadi hampir tidak kelihatan.

Sedangkan Uniqlo UT palsu pakai tag dengan tali yang ditembak menembus bahannya.

Sticker Size

Hampir semua produk uniqlo memiliki sticker keterangan size ditempel di bagian kanan/kiri produk. Fungsinya mungkin sebenarnya lebih untuk mempermudah melihat size waktu produk dilipat dan ditumpuk di toko. Tapi dalam hal produk jastipan, ini jadi salah satu penanda keaslian juga karena sticker ini bentuknya panjang dan lengket banget, jadi nggak mungkin nggak sengaja kelepas pas shipping kecuali sengaja dilepas sama seller (biasanya dengan alasan biar ga dicurigai becuk).

Kaos yang saya beli? Boro-boro deh ada stickernya.

Jahitan Pinggir

Ciri khas Uniqlo UT adalah selalu memiliki jahitan pinggir. Jadi manteman jangan malah happy kalau ngejastip t-shirt Uniqlo terus yang datang tidak ada jahitan pinggirnya, seperti yang saya beli. Karena ini justru penanda utama kalau barang itu palsu.

Tag Kain di Dalam

Uniqlo UT tidak punya tag kain di belakang leher, melainkan di bagian dalam t-shirt kira-kira di bagian pinggang. Biasanya tag ini terdiri dari 2 lembar, 1 lembar dilipat dua dan 1 lembar lagi berupa lembaran, berisi intruksi pemeliharaan produk, ingredients produk dan lokasi produksi. Tapi tag ini selalu dilengkapi gambar gunting dan garis putus-putus, yang maksudnya bisa dipotong apabila memang ingin.

Uniqlo UT palsu yang saya beli tidak ada tag ini. Ya mau dijahit kemana, jahitan pinggirnya aja nggak ada.

Penanda Khusus

Uniqlo UT terkenal suka memasukkan tanda-tanda khusus di produk yang kira-kira akan populer, jadi nggak semuanya ada. Contohnya di Uniqlo UT Kaws yang best seller ada sablonan XX di bagian lengan dengan warna yang sama persis dengan warna kaosnya. Sementara kaos BT21 Tata yang saya beli harusnya ada sablonan tulisan BT21 di bagian kiri paling bawah T-shirt.

Tag asli Uniqlo

Tag Uniqlo UT biasanya terdiri dari 2 lembar. 1 lembar tag barcode Uniqlo dan 1 lembar lagi tag dari serinya yang menceritakan tentang latar belakang brand nya, misalnya apa itu BT21, Kaws, Sailor Moon dll.

Sayangnya, tag brand ini agak-agak susah ditebak asli atau palsunya. Misalnya ada indikasi kalau tag brand seri Uniqlo UT Kaws berubah terus bahan dan teknik cetaknya disetiap peluncuran. Tag UT Sailor Moon ada hologramnya. Ada juga yang diemboss, pakai tinta timbul khusus, dll. Tapi tag UT disney princess biasa aja, cuma kertas selembar doank. Jadi ya mungkin kecuali manteman adalah fans hardcore nya Uniqlo UT agak susah lah ya mengenali yang ini.

Yang gampang dibedakan adalah tag Uniqlo-nya. Arahkan ke cahaya lampu, manteman akan bisa melihat bayangan aneh ditengah tag. Katanya ini adalah chip yang khusus ada di tag Uniqlo, ada juga yang bilang kalau chip inilah yang discan kasir pada saat kita belanja. Entah benar atau tidak, tapi bisa dilihat di beberapa video Youtube kalau barang asli Uniqlo selalu ada benda ini di dalam tagnya.

Surprisingly, kaos yang saya beli tagnya punya chip ini. Kesimpulan sementara, tag nya asli. Mungkin dicuri atau apkiran dari konveksian Uniqlo di Tiongkok sana karena nama mata uang yang tertera adalah RMB (Renminbi) mata uang Cina daratan dan bukan HKD (Hong Kong Dollar). Padahal ngakunya dari Hong Kong. Pusing beut deh ah.

Bonusan

Uniqlo memang kadang-kadang memberikan bonus buat pembeli UT special edition. Misalnya UT gundam yang diberikan gundam limited edition kalau beli semua seri t-shirtnya. Ada juga yang kalau pembelian tertentu dapat tas kertasnya yang dari seri itu. Tapi jarang banget, dan bonus-bonus ini sebenarnya tertera jelas di website, app dan social media Uniqlo kalau kita mau rajin sedikit.

Sementara sama si seller UT Uniqlo palsu ini, saya dikasih photo card ini. Hahaha. Bahkan dari kualitasnya kertasnya saja masih bagusan kartu nama yang kita cetak di tukang print biasa. Tapi ya kembali lagi, menurut review di Shopee nya sih banyak customer yang happy berat udah dapat t-shirt (dikira) asli plus dikasih bonus photo card juga.

Tips Belanja Jastip Uniqlo UT

Buat manteman yang ingin belanja jastipan Uniqlo UT, masukan dari saya sebaiknya minta foto produk terutama apabila seri yang manteman inginkan adalah seri yang favorit. Mintalah foto bagian-bagian yang merupakan ciri keasliannya. Kalau seller nggak mau, bolehlah curiga.

Tapi ada juga Seller yang tidak bisa memberi foto dengan alasan dia berangkat belanja kalau ada orderan saja. Mungkin manteman bisa deal dengan Seller apabila kalau manteman menemukan indikasi Seller tidak jujur dan mengirimkan barang palsu, maka manteman berhak mendapatkan full refund.


Jadi itu cerita saya kecelakaan belanja Uniqlo UT BT21 palsu. Mudah-mudahan nggak ada manteman yang kejebak kayak saya. Malu kan sudah heboh dapet t-shirt Uniqlo, pas pamer ke geng eh ada yang bisikkin kalo kaosnya palsuan.

Manteman punya tips belanja barang branded jastipan juga, mungkin dari brand selain Uniqlo. Share di komen ya. Buat manteman yang sudah meluangkan waktu buat membaca dan komen di blog ini, akupun akan silaturahmiblogwalking ke blog manteman. Follow ya akun instagram kami @inspirazzle2 daatau akun instagram pribadi aku @sissassy

10 Comments

  • Hastira

    wah bener2 harus teliti ya, akdang yang paslu mirip dg asli tapi setelah diamati palsu, kalau offline mungkin lebih mudah memeriksanya dibanding kalau beli online ya

  • Thessa

    Yaampun nyebelin bgd ya Mbaa. Pas ninta refund sama mrka mau diproses Mba?
    Yg paling kerasa itu memang sablonannya, beda sama sablonan produk Uniqlo asli..
    Salam kenal ya Mba 😊

    • Sissy

      Nah, awalnya mereka ga mau refund Kak. Tapi aku complain ke S****e dengan bukti ss mereka kalau barangnya asli dan barang palsunya sudah kukirim balik. Tapi sama mereka ntah kenapa complain aku ga digubris jadi aku dimenangkan sama Shopee nya, uang aku balik.

  • fanny_dcatqueen

    Nyebelin banget yaaaa sellernya :(. Lgs aku ksh bintang 1 dan komplain berat kalo aku yg ngalamin. Salah orang dia dapet pembeli yg tau banget BRG KW.

    Aku jrg beli UNIQLO sih mba, tapi jd tau skr gimana kalo mau ngebedain yg asli dan palsu. Kalopun pernah beli UNIQLO, slalu di official shop nya, blm prnh secara online. Tp ini Krn barang khusus sih yaaaa.

    • Sissy

      Sama banget Kak. Sayangnya karena aku minta refund dan aku menang, jadi ga bisa kasih bintang 1 ke seller ini :(( Alhamdulillah Kak mudah-mudahan infonya berguna. Iya, ini barang limited edition.

  • Ainun

    Beberapa waktu lalu kepikiran jastip, banyak aku liat di online online, cuman kadang balik mikir “nih orangnya bisa dipercaya apa engga”, jadi ragu terus sampe sekarang
    Kalau gini aku jadi punya pandangan jika sewaktu waktu mau jastip

    • Sissy

      Mudah-mudahan nanti sekalinya mencoba jastip dapat yang bukan tipu-tipu ya Kak. Kalau masukan dari teman saya, selain baiknya tau ciri-ciri barang asli, jastip seller yang sering foto-foto dan bikin live dari toko brandnya langsung itu biasanya bisa dipercaya. Selamat belanja Kak.

    • Turis Cantik

      Oalaahh mbakk kena tipu pas belaja emang paling sebel deh ya. Aku beberapakali juga kena, pdhal udh merasa detail.banget soal informasi penjual dan produk. Kadang mikir neh jualn niat cari berkah apa mau nipu ya.

      • Sissy

        Iya ya Kak. Aku juga sudah usaha sedetail banget, nanya ini itu sebelum purchase, eh tetep kena zonk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *