Opinion,  Working Woman Life

Kenapa saya berhenti menulis blog berbayar dan lomba blog

Manteman yang sudah lama mengikuti blog Inspirazzle ini pasti sadar donk kalau dulu saya sering memposting artikel berbayar atau artikel untuk disertakan lomba. Setelah berhenti ngeblog cukup lama, saya kembali ngeblog, tapi kali ini saya memutuskan untuk sementara tidak dulu menulis blog berbayar dan mengikuti lomba.

Mungkin ada manteman yang berpikir, wah, gaya nih ga butuh duit kayaknya. Hahaha. Ya sebetulnya nggak juga. Alhamdulillah pendapatan dari pekerjaan tetap saya sudah mencukupi buat hidup. Tapi, siapa sih yang menolak bisa menghasilkan uang atau hadiah benda dari kegiatan yang saya harus meluangkan waktu dan tenaga yang nggak sedikit buat melakukannya, iya ga?

Jadi apa sebenarnya alasan saya memutuskan seperti itu.

Ngeblog buat apa

Waktu pertama saya memulai blog Inspirazzle ini bersama adik saya, Arien, tujuan kami memang sekedar ingin sharing hal-hal yang kami sukai. Dalam perjalanannya pekerjaan saya sebagai entrepreneur dan karir Arien sebagai guru membuat mau ngeblog rutin saja berat.

Blog berbayar, apalagi blog untuk lomba, seringkali membutuhkan penelitian untuk menulisnya. Tidak bisa sekedar opini seperti kalau kami mereview barang yang kami pakai atau tempat yang kami datangi. Tentu saja penelitian tersebut membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, yang sayangnya kami tidak miliki saat ini.

Komitmen

Blog berbayar dan lomba membutuhkan komitmen. Tanggal dan jam berapa harus diposting, share ke social media apa saja, batas tanggal pelaporan statistik, kadang masih ada syarat-syarat lainnya yang jujur kadang sampai butuh to-do-list saking banyaknya.

Sebagai entrepreneur, saya seringkali malu pada diri sendiri kalau baru sempat memposting 1 jam sebelum deadline, sharing ke sosmed dengan foto dan caption seadanya, laporan statistik pun kadang dikejar-kejar klien. Sejujurnya, inilah faktor utama yang membuat saya memutuskan untuk berhenti menerima orderan blog berbayar atau mengikuti lomba blog dulu. Karena bagi saya, kalau tidak sanggup menjalankan secara profesional, lebih baik tidak udah dilakukan.

Waktu yang berharga

Semakin sering saya menerima job menulis artikel atau berkutat meneliti berbagai artikel untuk mengikuti lomba blog, semakin saya merasa kalau lagi-lagi saya jadi semakin ngotot mengejar uang dari sesuatu yang awalnya saya lakukan sebagai hobby. Padahal, prinsip saya hobby itu adalah sesuatu yang saya tidak keberatan mengeluarkan uang, waktu dan tenaga untuk melakukannya. Kalau saya mendapatkan uang dari hobby, seharusnya itu adalah bonus.

Semakin ngotot mengejar rejeki dari ngeblog, akhirnya saya malah kurang meluangkan waktu untuk hal lain yang juga bisa memberi manfaat buat kesehatan mental saya, misalnya waktu bersama keluarga dan teman, waktu untuk membaca, waktu untuk berolahraga, waktu untuk menikmati film favorit, dan lain sebagainya. Karena itulah, saya ingin mengembalikan kegiatan ngeblog ini kembali sebagai hobby.

Ketidaksesuaian dengan minat

Seperti tadi saya katakan, awal mula kami memulai Inspirazzle adalah karena kami ingin sharing hal-hal yang kamu sukai. Tetapi dalam perjalannya, seringkali demi job ngeblog atau menyesuaikan dengan tema lomba saya harus menulis hal-hal yang kurang bahkan tidak saya minati.

Walaupun isinya mungkin berguna buat pembaca, tapi saya sendiri merasa tidak enjoy menulisnya. Proses penulisan pun menjadi lebih lama, karena ada rasa ragu dan tidak puas pada hasil tulisan.

Jadi, itulah alasan-alasan saya berhenti menulis blog berbayar atau mengikuti lomba. Tentunya, ini adalah untuk saat ini. apabila dalam perjalanan ternyata kami memiliki waktu luang lebih banyak, tentu tidak tertutup kami akan melakukannya lagi.

Apakah ada manteman yang merasa seperti saya juga? Atau justru manteman kebalikannya, merasa kalau menulis artikel berbayar dan ikutan lomba adalah keharusan? Yuk kita ngobrol di komen ya. Insyaallah manteman yang komen akan saya kunjungi juga blognya buat blogwalking. Follow juga ya instagram kami @inspirazzle2 atau instagram pribadi saya @sissassy.

26 Comments

  • Eka fl

    halo kak sissy,

    pas aku liat nama kak sissy kok mirip sama temen aku. jangan – jangan ini temen aku. pas kepo instagram kakak eh, bukan. hihihi.
    btw salam kenal kakak,

    aku juga army lho ( susah milih mana yg paling paporit, every each BTS
    member cute semua, keren semua dan berbakat semua ) .

    pas aku lagi mikir soal nulis artikel berbayar atau ngebet ikut lomba, pas aku nemu artikel ini. dikasih temenku.

    memang ya, menulis itu harus kuat pondasinya. maksudnya niatan awal nulis. gak masalah memang ikut yang artikel dibayar atau lomba, selama kita have fun dan gak membuang quality time kita sama keluarga atau teman.

    saya sih belum pernah nulis artikel berbayar. tapi kalu lomba sering, dan sering kalah! hahahaha. tapi alhamdulillah kemarin menang juga, dan itu perdana.

    tapi dari kekalahan menulis yang banyak dan menang hanya satu kali, jadi bikin saya mikir lagi alasan saya menulis. baca artikel kakak kaya yang di dukung gitu, hahaha. emang bener nulis itu harus happy dan have fun. kalo jatohnya malah jadi bikin stress, mood berantakan dan koneksi kita sama dunia nyata jadi agak ambyar, yah mending balik lagi deh nulisnya buat hobby aja.

    saya juga menyadari satu hal, menulis dengan hati terus yang baca kena impact positife dari tulisan kita dan merasa terbantu, sama kaya saya yang baca artikel kakak ini merasa di support dan terbantu… buat saya hal itu rasa senang dan bahagianya ternyata melebihi rasa senang menang lomba literasi.

    bukankah tujuan menulis itu untuk saling bertukar pikiran, rasa , ide dan insprasi?

    kecuali kalo memang pekerjaannya menulis dan mencari uang dari menulis. itu diluar pembahasan ini ya

    • Sissy

      Halo Kak, duh senengnya ketemu sesama ARMY. Selamat ya Kak atas kemenangan lombanya. Senang sekali baca kalau Kakak merasa mendapat dukungan dari tulisan saya. Mudah-mudahan Kakak menang lebih banyak lomba dan tetep have fun menulis ya Kak. I purple you πŸ˜€

  • Bonjour Adinda

    Halo kak! Salam kenal,
    Pertama lihat judulnya agak kaget terus langsung kepo hihi. Pas selesai baca baru kek ada rasa setuju, meskipun aku belum pernah nyoba artikel berbayar (pernah ditawari) tapi sewaktu ada tekat buat posting rutin at least 2-3 minggu sekali udah kerasa beratnya.
    Aku nyoba buat strict ke jadwal nulis yg aku buat dan malah berantakan dari yg sbelumnya aku nulis gapake jadwalπŸ˜‚
    Emang kl dari awal nulis buat hobi terus “terlalu dibuat serius” akan ga nyaman, sih.

    Akhirnya sekarang mulai kayak awal lagi, nulis kalo lagi mood banget dan jadi enjoy+happy lg ngelakuinnya.

    Thxx utk post-annya kak!πŸ™‚

    • Sissy

      Betul kak, kalau ada kegiatan utama lain seperti pekerjaan kantor mau rutin post blog aja sudah lelah. Saya juga mengalami bikin jadwal posting malah jadi beban karena suka tau-tau writer block pas mendekati tanggal deadline. Semangat terus ngeblog nya ya Kak. Btw, blog Kakak kok nggak ada kolom komentarnya ya?

  • Ophi Ziadah

    Blogging jg hobby buat aku mba.
    Tp aku so far Enjoy dan malah menjadikannya sbg sarana me time n releasing stress…
    Nah utk sponsored post aku dari dulu lbh pemilih, klo ada target kyk PV yg bakal bikin aku susah penuhi dll biasanya aku ga akan terima/apply.
    Tp menulis utk job pun aku bawa jd hal yg nyenengin juga.
    Cm mmg jd lbh selektif aja utk ambil job di blog ini.

    • Sissy

      Asyik ya Mbak kalau bisa begitu. Kalau saya dulu suka terlalu nafsu sama tawaran job lalu menyesal sendiri belakangan.

  • Nia

    Halo, mba.. salam kenal.

    Saya kerja kantoran juga, sejujurnya masih ngarep dideketin brand untuk konten berbayar. Lebih karena belum pernah, pengen tau aja pengalamannya dan seluk-beluknya. Terus mungkin belom tau rasanya dikejar-kejar klien minta laporan πŸ˜€

    Tapi kebanyakan kalo berbayar atau lomba yang butuh followers IG harus ribuan, wah udah nyerah duluan deh. Hehe.

    • Sissy

      Kalau aku biasanya dapat dari grup-grup di Facebook atau Whatsapp, Kak. Hahaha, aneh deh Kakak ini malah pengen dikejar-kejar klien, hahaha.

  • Shanty Dewi

    Iya euy sama. Saya juga nggak ngerasa cocok nulis buat endoser produk tertentu yang nggak bener-bener saya sukai. Funnya ngeblog jadi hilang. Ku merasa diriku seperti cewek bayaran. Ha…ha…

    Makanya sekarang kembali nulis untuk tujuan berbagi dan merekam pengalaman aja. Mudah-mudahan nanti ada rejekinya kebuka dari jalan yang lain.

    • Sissy

      Hahaha, Kakak bisa aja. Iya betul Kak, saya juga berpikir sekarang menulis untuk diri sendiri dulu, mudah-mudahan kalau memang rejeki pasti membuka kesempatan yang lain.

  • Fanny_dcatqueen

    Kita agak mirip nih mba. Cuma bedanya, aku samasekali ga mau memonetisasi blogku , dengan menulis konter berbayar ato lomba. Setiap ada tawaran, dgn berat hati aku hrs menolak dan bilang apa alasannya.

    Dr awal bikin blog tujuannya 1, hanya utk sharing pengalaman pribadiku traveling dan kuliner. Apalagi aku pelupa. Drpd lupa, mnding semua aku tulis.

    Dengan menerima tulisan berbayar, aku cuma takut ga bisa LG netral dalam menuliskan penilaian. Kuliner yg biasa aja, ntr terpaksa aku tulis enak banget :p. Aku pgn ttp menuliskan apa adanya. Kalo enak, ditulis enak gitu juga sebaliknya.

    Apalagi tulisan yg ga berbau traveling dan kuliner, mohon maaf, ga bakal aku tulis di blog :D. Ini juga kenapa liebster award yg kdg mampir ke aku, terpaksa aku minta maaf ga bisa ikutan. Krn isinya menyimpng dr traveling :D.

    Intinya, aku hanya ingin menulis yg sesuai pengalamanku , dan murni dari apa yg aku rasain πŸ™‚ . Kalo cari duit mah, Alhamdulillah udh ada rezeki lain πŸ™‚

    • Sissy

      Aku suka blog Mbak. Lokasi-lokasi wisatanya juga keren-keren nggak mainstream. Betul Mbak, kalau artikel berbayar, biar nama klien minta honest review tetep aja susah buat kita kasih review yang betul-betul jujur.

  • Tempatulas

    Daku termasuk yang masih nulis tentang ulasan bisnis temen. Meski baru sekali dapet postingan berbayar. Tapi, emang agak susah kalau bergantung sama blog buat jadi profesi utama. Jadi, sekarang justru ngeblog disesuain sama kemampuan dan pastinya masih tetep akan nerima, hehe, cuma engga mau ngotot aja. Biar tetep enjoy. Semoga makin enjoy juga ya, kak. Ngeblognya

    • Sissy

      Wah nulis soal ulasan bisnis teman ide bagus juga tuh Mbak. Iya benar, bergantung sama blog untuk bisa dapat setara UMR aja berat kalau buat yang levelnya masih sesaya, walaupun teman saya ada yang gampang banget dapet segitu. Amiin, kakak juga semangat ya Kak ngeblognya

  • Ratna

    Tetap semangat mba…saya pun yang notabene kegiatannya cuma di rumah aja, lebih banyak waktu luangnya, masih butuh dorongan kuat untuk menulis rutin. Nulis seminggu sekali aja udah bagus hehe…

    • Muna Fitria

      Betul, Mbak. Karena saking banyaknya tuntutan dalam blogging, lama-lama jadi “Kok gak healing ya? Kok malah jadi bikin stres ya?” Padahal awalnya ngeblog, sama seperti Mbak, karena ingin sharing what works for me, siapa tahu works for others too. Dan memang suka nulis di bullet journal.

      • Sissy

        Betul Kak, kenapa kemaren ini aku sempet berhenti posting sampai 6 bulan itu karena stress nya. Bukan nama blogging nya, tapi sama job yang keburu diambil dan harus diselesaikan semua persyaratannya.

  • Ovi roro

    Wah… Berarti kakak udah lama ya dalam dunia blogging hehe yang kakak rasain itu seperti kudu to-do-list, dan berkenaan dg sosial media mengenai pengupload-an emng saya juga rasakan sih. Tapi saya mau konsisiten ngeblog krn baru lulus kuliah😁 belum punya penghasilan tetap dan menggunakan wktu luang sih. Tapi so far, bagus kak tulisannya

    • Sissy

      Kurang lebih 2 tahun, tapi banyak vakumnya kalau kerjaan sedang numpuk banget. Wah bener banget, kalau masih banyak waktu luang bisa dimanfaatkan buat ngeblog. Mudah-mudahan nanti setelah waktu luang berkurang blognya traksinya sudah bagus dan sudah punya klien tetap. Lebih enak kerjanya kalau sama klien tetap.

  • Yervi Hesna

    Salam kenal mbak…blog saya juga sudah mati suri karena tuntutan untuk ngeblog makin melelahkan buat saya sebagai ibu bekerja. Akhirnya sekarang dibawa enjoy aja. Walaupun sedih juga DA terjun bebas

    • Sissy

      Salam kenal juga Mbak Yervi. Duh sama banget ya kita ibu bekerja. Iya pandemi gini lelah banget mau ngeblog diantara harus masak dan homeschooling, tapi alhamdulillah banyak juga yang bisa jadi ide tulisan. Semoga nanti semangat ngeblog lagi ya Mbak supaya DA nya kembali terbang landas

  • Hastira

    kalau aku dari awal nulis di blog memang gak berbayar. aku sih mau santai saja menulis. gak terburu2 . dan gak ada atrget , menulsi kalau lagi ingin , lagi senggang tapi justru ini membuat hati gembira karena tak ada tekanan

  • Nonanomad

    Wah, padahal banyak yang malah pengen menghasilkan uang dari blog hehe. Tapi memang mungkin tujuannya beda ya, bagi Sissy sama Arien blog memang tempat sebagai hobi saja. Saya setuju untuk mengelola blog memang dibutuhkan waktu dan tenaga yang lumayan besar hehe.

    • Sissy

      Banyak banget Mbak. Salah satunya ya saya. Hahaha. Tapi memang karena kondisi tidak memungkinkan kita juga harus memilih mana yang lebih penting, karena di pandemi begini buat saya ngeblog adalah hobby yang aman banget. Bisa menjalankan hobi tanpa harus kemana-mana