Opinion,  Working Woman Life

Beramal Mudah dan Tidak Keluar Uang

Manteman yang mengklik link blog ini yang saya sebar di beberapa sosmed pasti karena penasaran kan? Atau mungkin karena pengen julid? Hehehe. Iya, betul banget, dimasa dimana apa-apa butuh duit (pipis di mall aja harus bayar) dimana logikanya beramal tapi nggak keluar uang?.

Nah, yuk ah, tarik napas dalam-dalam dulu ya sebelum lanjut baca.

Manteman pasti sadar donk, semenjak pandemi Covid-19 menyerbu Indonesia, makin banyak teman-teman di lingkungan kita yang mulai berbisnis kecil-kecilan. Mulai dari jualan makanan beku, lauk-pauk, kue-kue, sambal, sampai panci pun ada. Nah, namanya ke teman biasanya kita beli dengan hashtag #bantuteman di dalam kepala kita, gapapa deh lebih mahal sedikit, kita beli lebih karena ingin membantu.

Tapi, seberapa lama dan seberapa sering sih kita bisa melakukan ini? Jujur deh, jualan teman-teman kita ini biasanya lebih mahal. Mungkin karena bahan baku bukan ambil partai besar dari suplier langsung. Jadi kemungkinan besar kita pun akan beli saat kondisi keuangan sedang memungkinkan saja.

Blog ini terinspirasi dari salah satu teman lama saya, dulu kami satu kost sebelum saya menikah. Disaat anjuran “di rumah aja” mulai memasuki bulan kedua, teman saya ini mulai suka kirim pesan WA ke saya. Isinya: info warung-warung makan di sekitar tempat kost kami dulu, lengkap dengan menu, kadang ada daftar harganya juga, juga kontak si pemilik tempat makan.

Nggak hanya itu, dia juga menambahkan review singkat menu apa yang menurut dia recommended. Mirip seperti blog review singkat lah. Dari dia juga saya tahu kalau diawal masa “di rumah aja” aplikasi Gofood dan Grabfood kebanjiran pelamar sehingga banyak pebisnis rumah makan yang harus menunggu approval dari Gojek atau Grab cukup lama.

Awalnya saya agak males juga nanggapin. Tapi waktu kepepet, akhirnya saya WA salah satu tempat makan yang dishare teman saya ini. Ternyata beneran enak. Sekarang hampir tiap 2 minggu sekali saya order makanan dari tempat makan ini. Tentu saya nggak lupa mengabari ke teman saya bilang terimakasih buat rekomendasinya.

Boleh kan saya bilang kalau teman saya ini sudah beramal tanpa keluar uang? Kalau percaya sama yang namanya rejeki, mungkin memang sudah rejekinya saya jadi pelanggan warung makan tersebut, tapi kalau teman saya nggak share duluan saya pasti nggak tau warung makan itu ada. Selain itu cara beramal seperti ini bukan tanpa resiko lho. Karena saya awalnya juga agak kesel nerima WA berkali-kali dari teman saya ini, sudah kayak spam pinjaman online aja gayanya. Hahaha.

Setelah itu saya pun mulai suka sharing-sharing info jualan teman-teman saya di sosmed saya. Seringkali saya benar-benar cuma share aja kalau saya sedang tidak ingin membeli produk mereka. Kalau ada rejeki lebih, saya usahakan beli dari mereka dibandingkan beli di toko. Plus saya merasa bahagia juga kalau teman saya ini dapat konsumen bahkan pelanggan baru hasil sharing-an saya.

Beramal identik dengan uang. Tapi percayalah, kita bisa kok beramal tanpa harus keluar uang. Ini cara beramal mudah terinspirasi dari teman saya sendiri.

Gimana nih pendapat manteman soal beramal tanpa keluar uang ini? Apa mungkin sudah ada diantara manteman yang melakukan? Share donk ceritanya. Jangan lupa follow juga instagram kami @inspirazzle2 atau instagram pribadi saya @sissassy. Thank you for reading.

4 Comments

  • fanny_dcatqueen

    Selama pandemi, aku kebanyakn jd jajan online. Biasanya makanan. Surprisingly suka dapet aja yg ternyata rasa makanannya enaaaaak, walo hanya sekedar online kecil2an dan cuma lwt gofood ato grab food ngejualnya. Yg beginiii nih, aku lgs tertarik utk review di blog ku :). Kalo rasanya hanya so so, apalagi ga enak, aku ga bakal tulis. Kasian juga kalo sampe ngejatuhin mereka :).

    Tujuanku cuma 1, semoga bisa membantu jualan mereka lebih luas dikenal banyak orang juga :D.

    • Sissy

      Betul banget, Kak. Mudah-mudahan kita semua terus diberi rejeki berlebih supaya bisa berbagi sama yang harus mulai jualan ini-itu karena terimbas pandemi ya.

  • Sabda Awal

    Banyak cara beramal, ga harus keluar uang. Seperti share informasi warung makan juga salah satau yang bagus mbak.

    termasuk, orang2 yang suka menulis di blog, berbagi informasi agar jadi refrensi, juga kategori amal