Feature,  Music

Music is Life: BTS – BE (Deluxe Edition) Album – Honest Review

Setelah menunggu-nunggu beberapa bulan, akhirnya album terbaru BTS yang diberi judul BE rilis juga di akhir bulan November 2020.

“BTS is returning with their new album BE (Deluxe Edition) to unfold another chapter of 2020. As a sense of helplessness looms in every corner of the world, BTS opens themselves up to express their mixed feelings about this situation — fear and anxiety mingled with the determination to overcome all this. The album consists of a total of eight tracks including the No.1 summer hit “Dynamite” and lead single “Life Goes On”. The latter speaks on behalf of everyone stuck in the new normality brought on by COVID-19: one day, the world stopped without any warning, streets erased of footsteps and the way out is nowhere near in sight. BTS echoes in a low voice the comforting message that in the face of unexpected turns “Life Goes On” and extends their hands towards the future.” – BE – Bighit (ibighit.com)

Harus diakui kalau antusiasme ARMY (sebutan untuk fans BTS) untuk album ini sangat luar biasa. Alasannya? Karena ini adalah album self-produced pertama BTS.

Album self-produced di ranah Kpop idol sangatlah sedikit. Hal ini karena setiap comeback back Kpop idol biasanya adalah keputusan bisnis yang direncanakan diseputar konsep tertentu, dengan jenis lagu tertentu, kostum tertentu bahkan strategi marketing tertentu.

Ternyata, bukan hanya album dan lagu-lagunya yang self-produced. Tapi sampai desain, konsep fashion, sampai music videonya juga diplanning dan diproduseri sendiri oleh para member BTS.

Menurut aku, album BE ini album yang layak didengarkan oleh semua orang. Terutama manteman yang sudah luar biasa bosan di rumah saja semenjak awal tahun.

Buat yang mendengarkan BTS sejak era Fire 5 tahun yang lalu, aku harus bilang bahwa BE terasa sangat beda sama album terdahulu. Tidak ada musik dance yang menghentak atau rap yang keras. Lagu-lagu di dalam album BE hampir semuanya berirama cenderung lambat, dengan musik yang soft.

Kalau dibilang BE ini album pandemi, kayaknya bener banget. Makanya kita dikasih lagu yang adem-adem aja. Bukan lagi lagu dance elektronik yang makin nambah sakit kepala.

Ditambah sekarang musim hujan. Makin cocok yes lagu-lagu didalam album BE ini dengan suasana yang mendung dan gloomy.

Tapi jangan salah sangka ya. Lagunya nggak gloomy. Justru kebalikannya. Liriknya sangat positif dan menyemangati. Karena member BTS sendiri bilang kalau lagu di dalam BE ini mereka tulis untuk mengobati tekanan mental mereka selama pandemi. Mereka berharap lagu mereka juga bisa membantu menguatkan mental ARMY dan para pendengar musiknya.

Malah photo shoot pertama dan music video dari Life Goes On juga bertemakan pandemi, alias piyamaan semua. Malah photo-shoot pertamanya konsepnya atasan jas dan kemeja, bawahan piyama.

Yang pernah kayak gitu pas zoom meeting komen ya. Hihihhi.

Lagu di dalam album BTS – BE ini memang nggak banyak, cuma 8. Salah satunya malah merupakan Skit, rekaman saat member BTS sedang ngobrol yang merupakan ciri khas mereka semenjak album awal mereka.

Skit diletakkan di tengah susunan lagu seperti menjadi pemisah antara lagu-lagu yang slow tempo: Life Goes On, Fly To My Room dan Blue & Grey, dengan lagu-lagu yang upbeat: Telepathy, Dis-Ease, Stay dan Dynamite. Mungkin konsepnya setelah segala kesulitan saat ini akan datang lagi saat-saat penuh kesenangan nantinya.

Kalau ditanya yang mana favorit aku, agak susah jawabnya. Semuanya bagus dan punya part-part yang aku suka. Tapi kalau aku harus memilih aku bakal memilih Stay buat fave aku. Mungkin karena Stay ini ada feel dance music ala awal 2000-an, jadi terasa familiar. Selain itu beat nya enak dan bikin aku tersenyum.

Yang paling mendapat perhatian sebetulnya adalah lagu Grey & Blue yang ditulis dan diproduseri oleh member V dan video musik Life Goes On yang disutradarai oleh member Jungkook.

Walau nggak masuk daftar fave aku, tapi lirik Blue & Grey harus diakui bagus banget. Menurut V lagu ini dia tulis saat dia merasa burn out dan butuh melepaskan emosinya. Sama banget sama kita yang yang dibanjiri kerjaan selama WFH.

Buat ARMY sendiri, video musik Life Goes On bisa bikin nangis-nangis. Karena fokus video adalah di member Jin yang bakal segera harus menunaikan wajib militer selama 2 tahun. Adegan Jin memandang kebelakang untuk melihat member BTS lainnya dan pada saat semua member memeluk Jin waktu mereka bersantai, disebut-sebut sebagai penggambaran betapa beratnya mereka harus melepas Jin.

Blog ini aku tutup dengan musik video Life Goes On. Jangan lupa nyalain subtitle english ya. Beneran bagus lho liriknya. Selamat mendengarkan.

Manteman, terima kasih ya sudah membaca blog kami. Buat manteman yang menyempatkan buat komen, kami juga akan blogwalking ke blog manteman. Follow juga instagram kami @inspirazzle2.

One Comment

  • fanny_dcatqueen

    Liriknya bagus memang, aku udah dengerin. Ini pertamakali aku denger lagu BTS :). Tau idol ini udah lama sih, cm aku memang bukan fans nya. Kalo utk lagu2 korea, aku LBH suka band ato penyanyi solo :). Lagu2 kayak band Day6, naaah aku suka lagu2nya :D. Lebih cocok … Tapi memang selera juga sih yaaa mba… :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *