Food,  Tips

Ramah Lingkungan Dengan Kotak Bekal Gratisan

Bicara tentang ramah lingkungan, beberapa waktu lalu, saya baca satu artikel bagaimana budaya take-out (pesan di restoran buat dibawa pulang) di salah satu kota di Amerika menyebabkan masalah polusi sampah plastik di kota tersebut.

Dipikir-pikir, iya juga ya. Tiap kali kita take-out atau order makanan online, pasti akan dibungkus plastik yang mayoritas sekali pakai. Nggak ramah lingkungan banget.

Dilema jadinya, karena buat saya take-out sudah menjadi salah satu fasilitas hidup yang cukup membantu working-mom lifestyle saya. Kadang sudah order makanan di restoran, tau-tau si kecil mogok makan atau ada urusan mendadak jadi nggak sempet makan. Terus kayaknya ga ada ya working mom yang bisa hidup tanpa gofood, grabfood atau phd. Hahaha

Saking seringnya saya take-out atau belanja makanan/minuman kemasan, sampai akhirnya saya menemukan kalau beberapa restoran memberikan kemasan yang cukup bagus untuk take-out mereka. Kemasan ini pastinya food grade ya, bisa dicuci lalu dipake ulang untuk bekal ke kantor/sekolah.

Lebih yahudnya lagi, kemasan ini GRATIS karena restoran di Indonesia umumnya nggak membebankan biaya tambahan untuk take-out.

Nah, ini beberapa restoran atau makanan kemasan yang kemasannya layak dikoleksi:

Solaria

Solaria ini salah satu restoran makanan asia favorit saya dan hubby. Tapi, kami sebenarnya nggak pernah take-out karena tiap kali kami ke Solaria selalu pas perut sedang berontak minta diisi. Hahaha. Maklum porsinya lumayan besar. Kemasan take-out ini saya dapat waktu order lewat ojol, dan jujur saya aja kaget pas nerima dari abangnya. 

Cakep bo’ kemasannya.

Source: Zomato

Yang saya suka banget itu warna ungunya. Ungu itu kan jenis warna yang gampang banget keliatan norak, tapi punyanya Solaria ini aselik kece

Ukurannya memang rada besar, terdiri dari beberapa kompartemen. Jujur sih bawanya agak susah bawanya, karena nggak waterproof so pas dibawa ga boleh kebolak-balik kotaknya. Cocoknya dipake buat bawa bekal yang semuanya menu kering.

Pizza Hut

Pizza Hut kayaknya salah satu yang pertama banget ngasih kemasan take-out yang layak banget buat dipake ulang. Ibu saya salah satunya yang wajib takeout atau delivery order soup & salad supaya dapet kotak makannya itu.

Sejujurnya sih, kemasan takeout nya Pizza Hut ini kualitasnya nggak beda jauh sama Solaria. Tipis dan setelah dipake non-stop 2-3 bulan pasti mulai pecah-pecah.

Tapi plus side nya adalah kemasannya Pizza Hut ini tutupnya kenceng, nggak mudah copot-copot pas dibawa. Walaupun tetep sih saya sarankan hanya dipakai kalau sedang bawa bekal yang semuanya menu kering karena nggak waterproof.

Eternal+

Air minum alkaline ini rasaya sudah ada cukup lama. Tapi sejujurnya saya nggak pernah tertarik untuk beli, soalnya harganya lebih mahal daripada air mineral biasa.

Sampai mereka menerbitkan edisi khusus yang di botolnya ada gambar bunga dengan teknik gambar watercolor. Biasa desainer, kadang kami suka beli barang karena suka sama kemasannya.

Ternyata Eterna+ ini botolnya jauh lebih bagus daripada air kemasan lain. Botolnya keras, terbukti saya bawa sampai 2 minggu lebih asal taro aja di backpack, nggak penyok-penyok. Selain itu ternyata label nya adalah sticker yang gampang banget dilepas dan setelah dilepas pun bentuk botolnya masih terlihat cakep minimalis.

Tentu saja saya nggak menyarankan untuk menggunakan botol ini untuk air panas. Jadi apabila saya mau menggunakannya untuk membawa kopi atau teh, saya selalu membuatnya di teko, lalu baru dimasukkan ke dalam botol setelah hangat.

Amazing Farm Mix Salad

Sebagaimana anak kecil lainnya, si cilik mulai punya cita-cita jadi balerina. Kebetulan dekat rumah ada les balet Arabesque Ballet. Saya kasih 4 jempol deh buat kursus balet ini, reviewnya menyusul yah.

Nah, Arabesque Ballet ini lokasinya di gedung yang sama dengan Supermarket Setiabudhi. Buat orang Bandung, supermarket satu ini legendaris punya, karena isinya 50% barang impor dan organik. Konsumennya pun mayoritas crazy rich Bandung dan expatriat. Mau bikin masakan Jepang dan Korea bercita rasa asli sana?, disini bumbunya lengkap punya 100% impor. Mantep pokoknya.

Sebagaimana tempat komersial pada umumnya, di Setiabudi ini pun sekarang ada coffee shop: Attitude Tipple & Kitchen. Nah, sambil nunggu si cilik balet, saya biasa nongkrong disini sambil menyesap Americano dingin atau teh panas. Teman minumnya, croissant atau salad.

Nah, paket salad dari Amazing Farm ini mungkin terasa mahal, Rp.22000 buat paketan yang isinya salad dressing, selada, ketimun mini dan tomat. First of all, Amazing farm ini sayurannya organik. Lalu buat menteman yang suka bawa bekal salad, mangkuknya ini cocok banget buat disimpan dan dipake membawa bekal. Sudah ramah lingkungan, ramah kesehatan pula.

Selain size nya yang pas buat 1 porsi salad, bentuknya juga membuat salad mudah diaduk. Saya padukan dengan kemasan saus dari Pizza Hut yang ukurannya juga pas banget buat bawa saus saladnya. Tutupnya pas, menutup kencang, tapi nggak waterproof ya.

Hummingbird Eatery

Hummingbird ini salah satu restoran favorit saya di Bandung dan saya sudah pernah menulis reviewnya juga disini.  Nah, buat manteman pengikut aliran ramah lingkungan denganbawa kantong belanja sendiri, saya sarankan untuk sering-sering aja ke Hummingbird.

Manteman cukup memfoto makanan atau minuman yang manteman pesan di Hummingbird, posting di Instagram dengan hastag tertentu dan tentunya mention dan tag akun instagramnya Hummingbird, tunjukkan postingan tersebut waktu membayar, langsung deh dapat tote bag gratis.

Walaupun ini spekulasi, tapi hasil diskusi dengan teman saya yang suka ke Hummingbird juga, kayaknya biasanya ada sekitar 6-10 desain yang diganti setahun sekali. Lumayan kan kalo ke Hummingbird 2 bulan sekali aja, bisa dapet semua desainnya. Hehehe.

Nah, itu list kotak bekal gratisan yang sudah saya coba sebagai bagian dari jalan menuju gaya hidup ramah lingkungan ala saya. Pastinya nanti kalau ada lagi yang lain, bakal saya blog-in lagi.

Manteman punya masukan merek atau restoran yang kemasannya oke punya buat dipakai ulang? Makasih ya manteman yang sudah meluangkan waktu untuk mampir dan ninggalin komen disini, insyaallah kami juga akan sempatkan untuk mampir dan ninggalin komen di blog manteman. Thank you for reading.

3 Comments