Beauty

Metode Skincare Aneh Kami. But, hey it’s work!

Hai teman-teman sesama hobbist produk beauty, pernah nggak sih kalian sadar kalau jutaan tutorial skincare di Youtube atau blog itu sebenarnya ngulang-ngulang aja steps-by-steps yang sama.

Pertama produk A, terus B, terus C, dst. Mau 3 steps atau 10 steps skin care routine, ya pasti begitu. Hahaha. Kok saya ranting begini ya?! Karena saya baru mikir bahwa skincare dan makeup itu kan sebenarnya personalisasi kan ya, nggak ada yang benar atau salah. Kalau kita sudah merasa nyaman sama satu prosedur dan hasilnya pun sudah bagus, apa iya masih harus diubah cuma karena urutan produk B dan C nya ketuker?

Karena kami berdua memang lumayan suka coba-coba skincare diginiin digituin, so, buat co-write kali ini, saya tanya Arien

ada nggak cara skincare lu yang jarang direkomendasikan, but hey it’s work.

Ini hasilnya

Sissy

Sorry Korea, I hate your bb-cream

Sudah lebih dari setahun ini saya nggak menyentuh foundation dan bb-cream. Awalnya saya memutuskan untuk nggak pakai bb-cream lagi karena setelah berkali-kali ganti merk saya masih belum juga menemukan merk yang sreg di hati. Kebanyakan warnanya terlalu putih, tebal dan white-cast.

Setelah resign dari daftar pengguna bb-cream, saya beralih ke foundation. Padahal saya sudah menemukan lho foundation of my dream: Sephora Collection 10hr Perfect Foundation. Tapi somehow saya ngerasa malaaas banget harus ke Sephore untuk beli lagi.

Jadi sesudah si foundation habis, saya cuma pakai concealer aja. Yang ternyata sudah cukup untuk meratakan warna kulit, menutup lingkaran hitam mata dan kemerahan di hidung serta lebih nyaman untuk dipakai seharian.

Say No To Moisturizer

Setelah saya skip foundation saya merasa was-was kalau jadi penuaan dini karena makeup saya nggak lagi ada SPF nya. Awalnya saya mencari moisturizer yang mengandung SPF, tapi karena kondisi kulit saya berubah banyak setelah melahirkan saya bener-bener bingung menemukan moisturizer yang cocok. Setelah moisturizer terakhir saya bikin muka kayak tambang minyak cuma dalam 1-2 jam, akhirnya saya berhenti pakai sama sekali.

Awalnya saya total iseng pakai Vaseline Lotion Healthy Sunblock SPF30 di muka. Ternyata cuma dalam 3 hari saya merasakan kalau hasilnya bagus banget. Nggak ada minyak berlebih, white-cast atau komedo yang biasa muncul kalau saya pakai produk sunscreen khusus wajah. Selain itu sunblock ini waterproof dan nggak bikin makeup luntur.

Positifnya saya sekarang cuma perlu stok 1 botol untuk muka dan tangan.

Night Routine

Sejujurnya saya nggak pernah bener-bener disiplin sama perawatan wajah di malam hari. Ada masanya saya inget cuci muka ada udah bagus. Hahaha.

Tapi semenjak saya stick sama Benton Snail Bee High Content Skin dan Benton Fermentation Essence saya jadi rajin perawatan malam. Bedanya dengan siang hari, untuk malam saya pakai masing-masing 2 layer, jadi lebih tebal dan lembab.

Yang bikin banyak orang kaget adalah saya pakai Erha Active Eye Primer di seluruh wajah untuk malam hari. Alasannya sederhana sih, karena eye cream itu pasti nggak habis dan keburu kadaluarsa kalau dipake cuma untuk mata, padahal harganya mahal. Hahaha. Alasan lainnya saya merasa kerut halus di dahi dan smile lines saya juga berkurang banyak setelah saya rutin pakai.

Arien

My baby baby… My baby baby oiiiiiil…

Udah hampir sekitar setahun ini gue pake baby oil as make up remover, well alasan gue standar karena money budget. Pakai baby oil itu agak tricky, Baby oil itu pure minyak, dengan muka gue berminyak dengan pori2 besar, kalau nggak bersih ngebilasnya malah bisa menyumbat pori dan jadi jerawatan.

Jadi trik gue adalah gue tidak pakai sabun muka biasa untuk ngebilas, karena beberapa formula mereka yang nggak keras untuk muka. jadi gue malah harus cari yang total sabun untuk menghilangkan semua residu minyak itu, sabun seperti asepso sulphur (yang harganya ga lebih dari 10 ribu) bekerja baik buat menghilangkan minyak dari baby oil ini.

Caranya saya : tuang baby oil sesuai kebutuhan (makin tebel make upnya makin butuh lebih banyak), lalu cuci tangan pakai sabun tangan/tubuh (karena kalo masih ada baby oil di tangan, sabun wajahnya nggak akan berbusa), terus ambil sabun wajah batangan di usap sampai berbusa, lalu usap ke wajah. Ulang 2 kali pembilasan, biar yakin kalau sudah tidak ada minyak yang tertinggal, atau lebih kalau pemakaian baby oilnya juga banyak. Done!

Perhatian kalau mau mencoba! Pijat wajah sambil membersihkan make up dengan baby oil itu ok, tapi jangan ditinggal terlalu lama ya. Karena make up di wajah kita itu kotor (yang sebenernya bikin muka kita kotor), jadi kotoran plus minyak jadi apa? Jerawat dan komedo! Jadi segera bilas yaa.


Nah, itu dia metode perawatan wajah kami yang mungkin agak nggak biasa tapi hasilnya benar-benar bagus untuk kami. Metode sissy membuat wajahnya jadi bebas komedo dan jerawat kecil cuma muncul menjelang menstruasi. Sementara Arien sendiri sudah berjuang melawan jerawat dan komedo batu seumur-umur, dan akhirnya menemukan the ultimate weapon.

Manteman ada tips skincare nggak biasa yang mungkin bisa kami coba juga nggak?. Thank you for reading.

4 Comments

  • dita

    setuju banget, skincare dan makeup itu personalisasi, nggak ada yang benar atau salah.
    meski kadang makenya nggak sesuai pakem, yang penting cocok sama kulit kita aja, beres. hihihihi

  • wahyu indah

    hahaha…. baru kali ini nemu metode nyeleneh sissy mbak, keren. berani out of the box untuk masalah wajah. kalau saya belum berani mbak. masih suka pakai bb cream kalau lagi gak pakai foundation. Tapi keren kok. kapan-kapan saya mau nyoba trik dari mbak. hehe…

    • Sissy

      Sy emang suka coba-coba bikin metode skincare sendiri Kak. Gapapa donk Kak, pakai BBcream memang bikin wajah langsung dewy glowing dan praktis.