Health

3 Cara Hidup Sehat Alami Tanpa Ribet

Menjalankan pola hidup sehat memang gampang-gampang susah. Saya juga masih dalam proses kok mempraktekkannya. Yang penting, asalkan ada kemauan dan niat yang kuat, pasti manteman dan keluarga bisa menerapkan pola hidup sehat bersama-sama.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Mulai dari jenis makanan yang mengandung protein dan minuman yang mengandung mineral basa, seperti air alkali terbaik.

Cukupi Asupan Air Mineral

Air mineral atau air putih yang biasa kita konsumsi berperan cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Pasti tau donk kalau racun dibawa keluar oleh air melalui urine. Kalau kurang minum, racunnya menumpuk donk.

Air juga merupakan kebutuhan manusia paling vital. 70% tubuh manusia adalah air, artinya kalau sampai kekurangan air maka organ-organ di dalam tubuh juga bakalan terganggu.

Karena itu sekarang saya kemana-mana bawa botol minum kaca kapasitas 550ml. Biasanya sih saya isi teh hijau atau air hangat kesukaan saya. Jadi kapanpun dan dimanapun saya ngerasa haus, tinggal tenggak deh.

Tapi, berbeda dengan yang banyak dipercaya oleh orang-orang, air itu nggak netral lho manteman. Tergantung pada mineral yang ada dikandungnya, air bisa bersifat agak asam atau basa. Yang pasti selama PH nya 6-8.5, air tersebut aman dikonsumsi.

Salah satu air mineral yang sifatnya lebih ke basa dan mengandung mineral basa biasa disebut air alkali. Ada banyak merek air Alkali dan masing-masing memiliki PH berbeda-beda. Kalau pilihan saya sih Pristine8, karena tingkat basanya masih di batas yang dianjurkan dan kemasannya lucuk banget.

Kalau manteman pengen tau lebih banyak lagi apa sih gunanya sering-sering mengkonsumsi air alkali, nih langsung aja kunjungi situsnya http://www.pristine8.com/

Penuhi kebutuhan serat

Selain asupan mineral, tubuh juga membutuhkan serat yang cukup. Untuk memenuhi hal tersebut, Anda diharuskan mengkonsumsi makanan jenis sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Kurangi makanan berminyak dan jenis makanan instan dalam kemasan, karena makanan tersebut bisa merusak dan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Memenuhi kebutuhan serat ini sebenarnya resolusi 2019 saya. Sekarang saya lebih banyak makan salad buah untuk sarapan dan memasak sayur dengan teknik kukus, rebus atau cah. Nggak lupa resepnya saya post juga di aplikasi Cookpad, tuh beberapa fotonya diatas. Padahal dulu saya pecinta masakan deep fry lho, sekarang malah saya sebel sendiri kalau harus makan makanan yang minyaknya bleberan. 2 bulan ternyata cukup lho buat merubah pola makan.

Istirahat yang cukup

Istirahat sejenak maupun tidur harus benar-benar cukup, karena hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengatur jadwal istirahat maupun tidur yang cukup, semua organ di dalam tubuh yang setiap waktunya terus bekerja, saat itu pun organ tersebut bisa ikut beristirahat.  Alhasil, kondisi kesehatan manteman dapat benar-benar terjaga dengan baik.

Kalo sempat, tambahin yang ini juga seminggu 2x

Tuh bener kan nggak susah? Hihi, sejujurnya poin yang ketiga saya masih belum berhasil melakukan sampai sekarang. Soalnya kebiasaan jadi mahasiswa seni rupa begadang sampe subuh ngerjain tugas bener-bener ngerubah pola tidur saya.

Manteman ada tips hidup sehat lainnya nggak? Yuk kita saling blogwalking komen. Thank you for reading.

One Comment

  • Enny Mamito

    Sebenarnya cukup simpel ya mba dan mudah dipraktekkan.
    Dulu banget aku gak suka minum air putih, tapi beberapa tahun belakangan ini suatu keharusan minum air putih. Udah biasa dan malah bikin badan seger 🙂