Movie,  Music

Serunya Nonton BTS World Tour: Love Yourself in Seoul di ScreenX

Mau nonton BTS Love Yourself in Seoul ini persiapannya yang drama, filmnya sih nggak ada dramanya sama sekali. Awalnya mau nonton bareng di Bandung, nggak jadi, sempet ngajak temen yang lain, nggak jadi juga, akhirnya menyerah, tau-tau jadwal semua orang berubah, akhirnya kejadian deh bisa nonton. Ini cerita kami.

Sinopsis BTS World Tour: Love Yourself in Seoul

BTS Love Yourself in Seoul adalah film konser BTS tanggal 26 Agustus 2018 di Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan. Film yang dishoot menggunakan 42 kamera ini dibuat dalam format 2D dan ScreenX ditayangkan serentak ekslusif hanya 1 hari (2 minggu khusus untuk ScreenX) tanggal 26 Januari 2019 di 3200 bioskop di 90 negara.

Ini trailer kalau nonton di teater 2D
Ini trailernya kalau nonton di teater ScreenX

Cerita Sissy

Pertama dengar kalau BTS Love Yourself in Seoul ini dibikin khusus dalam format ScreenX I was like duh, harus banget lah ini nonton di ScreenX. Tapi, apa daya, ScreenX di CGV itu cuma ada 1 di Indonesia: di Mall Grand Indonesia, Jakarta. Hubby mana maulah macet-macetan nganterin dari Bandung ke Jakarta cuma buat nonton dedek-dedek BTS. (iya, dia selalu manggil BTS sebagai dedek-dedek. Wkwkwkwk)

Mungkin udah jodoh, tiba-tiba hari Senin tanggal 21 Januari, hubby bilang kalau kita harus cuti dari Kamis untuk ke Karawang buat b-day Bapak mertua. Intinya, saya langsung utimatum kalo Sabtu kita harus ke Jakarta.

Yes, ScreenX! here I come!!!

Beli tiketnya aja perjuangan banget. Jujur saya nyantai karena show nya di Bandung kosong. Ternyata di ScreenX ini SOLD OUT sodara-sodara.

Asli sempet maki-maki segala pas nyoba beli online sampe tiba-tiba ada 2 seat yang mendadak kosong, biasanya sih karena si pembooking gagal bayar. Bodo amat seatnya paling depan di ujung pojok pokoknya harus nonton. Mukanya Arien begitu tau kita bakalan nonton di pojok paling depan itu asli priceless banget. Apalagi pas udah masuk kedalam dan kursi kita cuma 5meter-an doank dari layar. Huahaha.

Yang Sissy suka dari BTS Love Yourself in Seoul

Yang jelas saya suka banget bioskop nya. Pertama kali nonton di ScreenX, nggak tau pasti bedanya ScreenX sama teater biasa dimananya, jadi saya nggak berharap banyak. Pas masuk pun saya cuma mikir iya layarnya lebih besar, agak melengkung, tapi ya sempet kecewa juga pas iklan mulai ditayangin dan ternyata nggak ada bedanya sama teater 2D biasa. Mbak-mbak di sebelah saya juga mulai misuh-misuh karena kok begini doank bioskopnya.

Eh, pas iklan format ScreenX nya mulai dan ternyata ketiga sisi teater: layar, tembok kanan dan kiri, semuanya ada filmnya, aselik saya bengong sebengong-bengongnya. Speechless. Baru iklan aja udah keren abis. Biarin dah norak, emang beneran keren kok.

Nah, format ScreenX ini bikin suasana nonton kerasa beda banget, seakan-akan saya berasa duduk di kursi Olympic Stadium barengan para ARMY Korea.

The best 1 second, if I have to choose

Arien sempet nanya sama saya “Best moment lu yang mana?” Duh, ya kali bisa inget yang lain kalo udah diliatin muka Jungkook dan Jin segede 3 meter-an gitu. Huahahaha. Best moment buat saya justru bukan filmnya, melainkan suasana di dalam teaternya. Yang bawa Bangtan Bomb pada dinyalain. Ada yang berdiri ngedance-dance sendiri. Fanchant ada biarpun malu-malu. Sing along dan jeritan-jeritan tiap ada momen ‘special‘ atau tiap Jimin dan Jungkook bisa mencapai high note pastilah ada juga.

Tapi moment yang berkesan banget buat saya adalah waktu hampir sebioskop ikut ngejeritin “I show you” di lagu Magic Shop. Karena lagu ini emang lagu dari BTS untuk ARMY. Ini lagu favorit saya karena liriknya yang encouraging banget. Suasananya waktu itu mirip-mirip lah sama waktu konser di USA ini.

You gave me the best of me… So you’ll give you the best of you… So show me … I’ll show you …

Yang Sissy nggak suka dari Love Yourself in Seoul

Lesson to myself: Jangan kebanyakan nonton konser di Youtube. Secara saya sering banget nontonin konser-konsernya BTS di Youtube, jadi ya sebenarnya agak nggak surprise lagi dengan prop panggung nya (padahal kalo dibandingin sama panggung artis Indonesia mah aduh mak keren pisaaaaan).

Saya juga sebel bagian ngobrol-ngobrolnya dipotong total. Padahal kalau di konser k-pop justru bagian ngobrol-ngobrol ini yang seru dan lucu. Ga ngerti juga kenapa mesti dipotong padahal kan bisa dikasih sub-title aja.

Kesimpulan Sissy tentang Love Yourself in Seoul

I think for me terkadang jadi fans k-pop idol itu bukan tentang band nya sendiri. Yes they are good looking, they have pretty good musics, tapi saya lebih suka feeling kalau show mereka dibikin untuk memuaskan keinginan dan fantasy fans nya. Feeling yang sejujurnya kurang saya rasakan dari band western.

Selain itu saya juga merasa senang aja bisa sekali-kali berkumpul sama ratusan orang yang semuanya menyukai dan mendukung hal yang sama. Dari anak SMP sampe ibu-ibu. Hal yang agak susah saya dapetin dari lingkungan kerja saya yang kadang malah cenderung anti K-pop.

Tapi buat non-fans filmnya gimana? Hm, ya tergantung sih. Kalau cukup open minded untuk nerima show dengan tampilan over the top yang mungkin baru sama sekali, ya pastinya bisa aja nikmatin shownya, apalagi dengan status BTS sekarang ini sebagai salah satu grup K-pop terbesar jelas show mereka juga sangat high budget. Tapi kalau cuma denger kata k-pop aja situ udah gatel-gatel, ya ngapain juga nonton. Ati-ati lho, Kpop fandom itu menular! Hahaha.

Cerita Arien

Saya bukan penggemar berat BTS, tapi saya penikmat lagu mereka. Bahkan lagu mereka jadi lagu nomer 2 yang paling saya sering dengar di akun Spotify saya. Dan saya adalah adik dari seorang Army (nunjuk ke atas), so pada saat kabar konser Love Yourself in Seoul akan tayang di bioskop saya kecipratan dengerin Sissy yang kepencet mode ‘fangirl’nya.

Bukan cuma mau nonton konsernya di bioskop, tapi ruang bioskopnya SPESIFIK, kakak saya mau yang ScreenX. Saya pribadi nggak masalah sama sekali nonton BTS di layar biasa. Saya tahu betapa kerennya konser boyband Korea, yang dibilang grup nggak terkenal aja keren, apalagi sekelas BTS. Reaksi saya jadinya

“penting banget nonton di layar itu, itu bangku tinggal dua ya? Nonton di yang biasa juga pasti keren banget”

Well, Sissy menganggap hal tersebut sebagai ‘pertanda dari Tuhan’ bahwa emang kita berdua harus nonton di ScreenX. Jadi berakhirlah saya menonton dan posisi duduk saya ada di…ya silahkan lihat gambar di bawah.

Suga oppa, I’m on your feet … literally

Sepanjang menunggu acara mulai saya terus-terusan bilang “Nggak sebegininya juga kali mau lihat BTS”, dan Sissy tampaknya menikmati reaksi saya, hmp. Tapi yaa mari kita melihat sisi positifnya, saya tiga kali nonton konser grup Korea secara langsung, kayanya nggak pernah berani bermimpi buat berdiri di baris pertama yang paling dekat dengan panggung. The stake is too much, termasuk harus dateng subuh buat dapet barisan paling depan.

Well, sekarang saya bisa melihat 7 manusia tampan, sambil duduk cantik, tanpa didorong-dorong hahahah..dan mari abaikan bahwa leher saya sakit lihat Suga (my love) yang demen banget di sebelah kiri.

Yang Arien suka dari BTS Love Yourself in Seoul

Saya kayanya nggak akan tertarik untuk mencari tahu seperti apa konser BTS, kalau nggak diajak nonton ini sama Sissy. Tapi saya tahu kok, bahwa stage yang masuk headline di komunitas Kpop adalah solo stage dari Jin. So tentu ini yang paling gue tunggu, tapi juga saya tidak punya ekspektasi.

Why? karena Jin adalah visual dari BTS. Apa tuh artinya? artinya alasan utama Jin dipilih sebagai anggota BTS adalah karena dia terlalu tampan (He IS a worldwide handsome hahahha). Anggota yang memiliki peran sebagai visual susah buat membuktikan bahwa dia punya kemampuan yang nggak kalah ok dari anggota lain. Jadi pada saat gue melihat panggung solo dari Jin, It is worth of all the headlines, prises, and acknowledges.

Jin can play piano and SING really well, and his visual make a ‘pokemon like’ blazer and simple stage seem so beautiful.

Yang duduk disebelah saya lagi senyum-senyum nggak berkedip

Yang Arien nggak suka dari Love Yourself in Seoul

BTS members are handsome, but why WHY WHYYYYYY? they wearing this kind of cloths. In my only dumb unprofesional fashionista personal opinion this cloth looks like a drape, or granny cloths. I will hold my charge for Suga for being so cool-calm-confident-cute-handsome at the same time, and sue the stylist for their outfit in Truth Untold stage.

UNTUNGNYA empat lelaki tampan yang demi tuntutan pekerjaannya memakai baju yang nggak banget ini, membawakan lagu Truth Untold dengan sangat indah. And the truth untold that I cry in this scene, heheheh.

Argh, my eyes!!!
Padahal ini lagu yang paling saya suka

Kesimpulan Arien tentang Love Yourself in Seoul

BTS is BTS, you stan them or not, lets admit they are a strong and awesome performer. AND as tacky as what non-kpop fan said about this Korea group or other groups, their concert is to die for. Because every detail, even that pokemon blazer and drape-granny dress must be being considered in loooooong process of discussion. Let’s just say if my seat is not 5 m from the screen (glaring at Sissy), i can see the whole setting and performance in more complete view, and that probably really pretty.

Dan ya, secara keseluruhan saya tidak akan bilang ini pengalaman yang buruk, malah ini pengalaman yang sangat menyenangkan buat saya. Dari teknologi layar yang luar biasa, fangirling bareng sama Army tanpa malu-malu sampai malu-maluin, everything is just great and awesome.

so yeah, i hate to admit it but i thankful for Sissy to push me (a bit) having this experience.


Blog nya panjang banget ya, padahal filmnya sendiri cuma 2 jam. Hahaha. Mungkin bener kalau udah lihat idola itu waktu kayak berjalan lambat banget. Maafkan yaaa banyak istilah yang mungkin cuma Kpoppers dan Army yang ngerti, kalo pengen penjelasan nggak usah googling, komen aja karena pasti kita jawab. Thank you for reading.

5 Comments

  • Dyah

    Sumpah, saya baca artikel ini sambil ngakak-ngakak. Gaya storytelling-nya oke banget. Feelingnya dapat. (Mungkin nulisnya pakai perasaan banget, ya?) Saya bukan penggemar K-Pop, tapi penggemar J-Pop (terutama Johnny’s) jadi setali tiga uang lah ya… kalau dapat kesempatan nonton group favorit, ya pasti begini juga. Btw, saya belum pernah nonton di ScreenX, nih. Jadi penasaran mau nonton film di situ.

    • Sissy

      Alhamdulillah bisa menjadi hiburan buat Mbak. Hahaha. Saya juga ngefans sama Ayumi Hamasaki, tapi kayaknya Jpop sih belum kepikiran masuk ke bioskop ya. Semoga segera kesampean bisa nonton di ScreenX ya Mbak.

  • Rahma balci

    wow keren..kirain army itu gerombolan abg aja ternyata mamak2 juga byk yg suka sama bts, beberapa saya nikmatin jg musik kpop, meski ga mengakui boice..saya cukup suka dengan cnblue:D Bts saya taunya lagu mic drop aja..suka sama gaya mereka balesin haternya lewat lagu.salam knl ya

    • Sissy

      Mbak-mbak yang duduk di sebelah saya juga seumuran saya kok Kak. Hahaha, 90% emang abg sih, kita sih emak-emak ga tau malu merangsek ke acara abg. Hahaha