Health,  Opinion,  Working Woman Life

Gaya Hidup Sehat Untuk Kita Perempuan Sibuk

Buat gue sehat itu nggak cuma fisik, tapi mental juga harus sehat. Menjaga keduanya nggak gampang sih. Jadi gue berusaha semampunya aja dengan mempraktekkan gaya hidup sehat versi gue.

Buat gue sehat optimal bisa didapat dengan olahraga secara teratur. Dulu gue taekwondo minimal seminggu sekali. Tapi karena sekarang karena kerjaan gue nggak memungkinkan untuk olahraga secara teratur jadi gue lebih fokus di tips-tips ini:

Jaga Makan

Eat as much as you can burn, ini adalah nasehat dari bokap. Gue nggak pernah suka dengan konsep diet. Enggak efektif juga buat gue. hahaha. Jadi ya gue selalu makan sesuai kegiatan gue. Sekarang kerjaan gue banyak duduk dibandingkan bergerak fisik, ya gue nggak akan makan sebanyak waktu gue masih aktif latihan taekwondo seminggu dua kali.

Jaga Jam Tidur

Gue selalu usahakan tidur nggak kurang dari 6 jam. Tidur itu bukan cuma jaga kesehatan fisik tapi juga mental. Mau makan ok atau olah raga teratur, tapi kalau kualitas tidur jelek nggak akan optimal kesehatan kita.

Gym pribadi

Make your home your gym. Hari gini aplikasi olah raga bertebaran dimana-mana. Terutama yoga. Hehehe. Kakak gue Sissy yang tau banget gue nggak bisa lepas dari olah raga, tapi susah kan ya tea kwon do di rumah. Hahaha. Jadi, dia menghadiahkan app Yoga Studio: Mind and Body, yang bukan cuma yoga tapi ada meditasinya juga. Ok punya deh app satu ini.

Social Media Detox

Ini the ultimate nya gaya hidup sehat gue sebenarnya. Gue bisa bilang gue lebih bahagia dengan cuma membuka social media nggak lebih dari 2 jam sehari. Atau malah nggak buka sama sekali. Hahahaha.

Take care of mental health

Gue pernah ngerasain punya badan sehat tapi mental nggak sehat. Tetap aja gue nggak ngerasa sehat apalagi bahagia. So, mental health perlu dijaga juga. Me time is important. Kalau sudah nggak kuat jangan ragu untuk ke profesional di bidang mental health. Kalau fisik perlu dibikin keringetan untuk ngeluarin toksin di tubuh, sedangkan mental ya kadang butuh bantuan untuk ngeluarin masalah yang menumpuk di pikiran.

Ini cara hidup sehat versi gue. Jauh dari ideal, pastinya bakal labih maksimal kalau bisa olahraga high impact seminggu 1-2kali seperti dulu. Ada nggak tips hidup sehat manteman yang sama dengan punya gue?

Kalau ada masukan buat cara hidup sehat lainnya, sharing di komen. Follow juga Instagram dan Twitter. Thank you for reading.