Opinion

Inilah Kenapa Kritik Sosial Adalah Tema Blog Favorit Kami

Nulis blog suka, baca blog juga suka. Kalau ditanya tema kesukaannya apa, ternyata kami sama-sama suka menulis yang ringan-ringan aja, tapi sukanya baca yang berat-berat gitu lah.

Mungkin peribahasa ringan sama dijinjing berat sama dipikul cukup cocok buat menggambarkan Inspirazzle ya. Kira-kita, tema kesukaan kami ini ada yang sama dengan tema favorit manteman nggak ya?

Tema Blog Favorit Sissy

Dibandingkan blog, saya lebih suka baca media, atau tepatnya media yang gaya penulisannya seperti Blog, misalnya: Buzzfeed atau Vice. Temen-temen dekat saya pasti tau banget kalau saya udah agak obses sama yang namanya Buzzfeed.

Sukanya apanya? mm…saya suka karena kedua media ini mengangkat tema-tema yang mungkin masuk ranah pop-culture atau pop-lifestyle, jadi topik yang diangkat kerasa seperti topik obrolan rumpi-rumpi cantique sama temen-temen di cafe.

Tapiiii yang saya paling suka justru karena mereka ini membahas sis-sisi tertentu dari pop-lifestyle ini yang berupa isu sensitif dan kritik sosial yang hampir nggak mungkin saya temukan dari blog pribadi.

Misalnya artikel buzzfeed ini tentang tren deconstructed food yang bikin saya langsung berdoa supaya tren ini nggak masuk ke Indonesia atau artikel Vice yang menyorot tentang kaum marginal seperti waria dan pekerja seks atau mungkin yang ringan tapi bikin saya berpikir “oh ada ya yang seperti ini” seperti artikel kampung albino di Jawa Barat ini.

Tema Blog Favorit Arien

Saya jarang banget baca blog sampe abis. Biasanya yang saya baca sampe beres itu blog yang lucu atau bahasanya nyeleneh. Tapi, saya nggak suka blog humor receh. Justru saya sukanya blog yang temanya opini tentang fenomena sosial.

Weleh…blog macam apa yang kayak gitu. Salah satu yang saya suka banget itu blog nya Amrazing. Mungkin karena sama-sama Jakartans, jadi isi blognya kena banget sama pengalaman saya sehari-hari.

Beberapa yang jleb banget ke hati sampe saya share di socmed misalnya seperti yang tentang betapa mahalnya ongkos berteman di jakarta, atau tentang cewek-cewek yang hobi ngomong “have fun ya” ke cowoknya udahannya terus ngambek karena sebetulnya ceweknya nggak pengen cowoknya pergi, atau yang agak serius tentang apa sih kebahagiaan dalam pernikahan itu?.

Itu tema blog kesukaan kami. Apa blog manteman masuk ke ranah kesukaan kami ini? Yuk monggo dikomen aja. Insyaallah kami bakal berkunjung dan komen-komen juga disana. Saling follow juga Instagram dan Twitter kami ya. Cheers…


Blog ini adalah bagian dari BPnetwork 30 day blogging challenge. Judul lainnya dari tantangan ini:

  1. Day 1: Blogging mendekatkan diri dengan keluarga. Bisa.
  2. Day 3: Ratu pop Jepang yang jadi inspirasi nama blog kami
  3. Day 4: Cerita pendek dari sudut Jakarta dan Bandung
  4. Day 5: Aksesoris hidup bernama social media

8 Comments