Book and Comic,  Traveling

Berburu Komik Indonesia Di Event Pakoban

Siapa yang suka baca komik Indonesia? Gw kemaren baru saja selesai menjadi volunteer di acara tahunan Pakoban alias Pasar Komik Bandung ke 7. Yes, acara yang mungkin baru pertama kali kamu denger ini udah 7 kali lho diadakan. Gw pengen bagi sedikit keseruan Pakoban 7 yang pastinya bakalan makin seru lagi tahun depan.

Dari namanya jelas dong yes jualan utama di acara ini ya komik Indonesia. Komik doank? Ya enggak lah. Pemuda-pemudi Indonesia kan kreatif gitu loh, ya masa cuma bikin komik tok nggak pake perintilan ini itu. Perintilannya berkisar dari tote bag, note book, pin, gantungan kunci, postcard, poster, t-shirt dan masih banyak lagi macamnya.

Kesimpulannya sih Pakoban ini bukan cuma buat kamu yang suka komik Indonesia. Tapi kamu yang suka stationary lucu-lucu atau hobi pamer barang indie yang cuma dicetak sedikit, Pakoban ini acara yang cocok buat kamu menghabiskan uang.

Nah, Pakoban ini dari pertama kali selalu diadakan di mall Braga City Walk. Kayaknya sih Pakoban dan Braga City Walk ini udah bromance gitu deh, jadi sangaaaaat besar kemungkinan tahun depan ya bakal sama lagi tempatnya. Ajebnya nih lokasi, kalo kamu dari luar kota, ada favehotel di dalam mallnya. Jadi bisa banget kamu strolling di Pakoban pake daster. Jadi, kenapa sih Pakoban ini seru?

Pakoban pendukung setia komik Indonesia

Berapa banyak sih komik Indonesia yang kita tau? Jujur deh, pasti banyakan kenalnya sama komik terjemahan dari Jepang, Korea, Tiongkok atau Amerika kan. Apalagi yang super sukses sampe difilmin ‘cem The Avengers begini. Padahal Indonesia juga punya banyak komikus berbakat. Nah, Pakoban ini mengusung visi misi mendukung komik lokal, makanya 99% komik yang dijual di Pakoban adalah hasil karya anak bangsa baik yang diproduksi indie ataupun yang dipublish percetakan besar.

Tahun lalu ada sih exhibitor dari Malaysia, tapi tahun ini semua exhibitor 100% Indonesia. Banyak loh yang datang dari luar kota: Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Pasuruan, dll. Selain itu juga disediakan panggung untuk para komikus ini share tentang pengalaman mereka ngomik atau memperkenalkan kara-karya mereka.

Berburu komik indonesia berkualitas ya di Pakoban

Kualitas komik Indonesia emang bagus?

Nah, banyak banget nih yang ragu-ragu cem gini. Alasannya apalagi kalau bukan takut buang-buang duit untuk komik yang ternyata nggak ok. Jadi gini sob. Komik Indonesia yang diproduksi indie, mayoritas kualitas produknya memang dibawah komik yang dicetak penerbitan besar. Cara cetaknya pun biasanya pakai printer laser dan fotokopi. Tapi jangan salah, ada lho komik produksi indie yang kualitasnya justru jauuuuuuh diatas komik mainstream di toko buku, tapi harganya sama aja atau malah lebih murah.

Lalu kalau soal cerita, berani diadu lah. Emang semua komik impor yang dijual di toko buku besar ceritanya bagus? Nggak juga kan.

So, kalo situ takut mubazir, di acara pasar komik ‘cem Pakoban gini boleh banget kok dibuka-buka n dibaca-baca dulu sebelum membeli, selama si komikus memberi izin pastinya. Nggak bakal ada tuh pak satpam yang muter-muter dengan mata jelalatan terus nowel dari belakang sambil bilang “dilarang buka plastik ya. Buka plastik berarti beli”

Pakoban anti komik Indonesia yang so-last-year

Ini nih yang bikin pakoban asyik banget kalo menurut gw. Jadi, gw sering banget dateng ke acara bertema pasar komik dan sering ilfil (ilang feeling) karena para komikus yang jualan ya itu-itu lagi dan karyanya ya itu-itu lagi. Biasanya sih karena kadung cetak banyak, tapi penjualan seret. Tapi, di Pakoban ini, hanya komikus yang punya komik baru yang bisa ikutan.

Untuk bisa berjualan di pakoban, komikus harus mengirimkan karya komik Indonesia yang akan dijual ke panitia untuk diseleksi. Kalau karya yang dikirim sama aja sama taon sebelumnya, langsung nggak lolos tuh. Jadi walau yang ikutan banyak yang itu-itu lagi, tapi pasti semuanya punya karya baru untuk ditawarkan ke pengunjung.

Pakoban Tumpeng Hunt

Game berburu tumpeng ini buah karya studio desain yang gw co-founding STCKRmarket, Petshopbox Studio bersama Oray Studio, Plexus Studio dan Pakoban. Cocok banget nih buat kamu-kamu yang hobi berburu gratisan. Pakoban Tumpeng Hunt ini adalah game AR (Augmented Reality), yang mengharuskan pemain untuk muter-muter di area Pakoban, mengunjungi komikus-komikus yang memegang gambar marker, lalu melaksanakan tugas yang diminta oleh si komikus (biasanya minta follow di socmed atau posting tentang Pakoban).

Kalau tugasnya dianggap sukses, kamu boleh scan markernya dan kamu akan dapat 1 bagian tumpeng di dalam game. Ada 30 bagian yang harus dikumpulkan. Dan kalau sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.

Hadiahnya apa aja sih? Bervariasi banget, Mulai dari sticker, map folder sampai paketan komik impor seharga ratusan ribu pun ada.

Kok baru ngabarin sekarang sih ada game ini?

Maaf ya sodara-sodari, namanya game baru launching, kami takutnya banyak bugs. Karena itu kemaren nggak banyak kita promo sana-sini. Tapi, alhamdulillah gamenya sukses dijalankan, Pakoban tahun depan insyaallah akan diadakan lagi. Jadi, mendingan nih ya follow aja socmednya Pakoban, STCKRmarket, Petshopbox Studio dan Oray Studio sekarang juga, supaya nggak kelewat jadwal Pakoban tahun depan.

Pakoban Menuju Komik Indonesia Goes Digital

Seiring semakin banyak komikus komik Indonesia yang hijrah ke ranah digital seperti ngomik untuk webtoon, facebook atau instagram, Pakoban bertekad untuk juga mengakomodasi mereka-mereka ini. Dan terbukti booth para komikus digital ini nggak pernah sepi dikunjungi fans mereka.

Nah, buat yang tertarik untuk menjadi relawan atau sebutan kerennya volunteer, Pakoban ini selalu butuh volunteer. Nggak ada sistem pendaftaran resmi. Cukup panteng sosmed nya, begitu ada kabar mengenai Pakoban akan dimulai langsung japri panitia di sosmed, lalu tunjukkan batang hidung kalian di meeting-meeting persiapan pakoban. Eh, munculnya sebadan aja deh, asli serem kalo muncul idungnya doank.

Masih banyak banget yang pengen gw ceritain soal Pakoban tapi apa daya jari-jari sudah pegal mengetik. Jadi kalau misalnya penasaran ini-itunya soal Pakoban, boleh yuk dikomen biar kita bisa ngobrol. Jangan lupa follow Instagram dan Twitter Inspirazzle juga ya.