Movie

Panduan Nonton Avengers Infinity War Tanpa Spoiler (Review)

Sejujurnya sih gw bingung sendiri gimana mereview Avengers Infinity War tanpa ada spoiler nya. Asli kasihan sama yang belum sempet nonton. Instead of spoiler, gw malah ingin lebih memberi panduan nonton film ini, karena gw sendiri agak loss gara-gara nggak melakukan satu hal yang penting banget.

Sebelom dimulai, mari kita nonton trailernya dulu yang gw juga belum pernah nonton sampe tiba waktu menulis review ini. *menikmati jenggotnya Chris Evans Captain America

Ini kisi-kisi Avengers Inifnity War yang tenang aja nggak akan keluar pas UN:

Para member Avengers dan Guardian of Galaxy plus Dr. Strange ngumpul buat mengalahkan Thanos.

Nah, emang si Thanos ini pengen ngapain? Jadi Thanos ini adalah cowok bapak-bapak tinggi gede berkulit ungu yang nggak ganteng (paling nggak menurut gw sih nggak ganteng ya, mungkin ini efek kebanyakan ngeliatin idol Korea) yang memiliki visi untuk mengembalikan keseimbangan alam semesta. Baca: alam semesta, bukan bumi.

Gimana caranya? kalau menurut dese sih caranya dengan membunuh setengah makhluk di alam semesta. Kalau di bumi makhluk ini namanya manusia, kalau di planet lain namanya alien. (iya gw ngarang, karena emang nggak disebutin namanya apa aja).

Jadi Thanos ini ya ‘cem anak milenial gitu lah yang mengejar work-life balance gitu, tapi work nya si Thanos ini ya ngebunuh masal gitu deh, sementara life nya dia ngebesarin kedua anak perempuannya Gamora dan Nebula. Sayangnya keknya si Thanos ini harus lebih banyak lagi ikutan seminar working mom dad karena kedua perannya nih gada yang beres dijalanin. Work nya mau diberhentiin sama geng The Avengers + Guardian of the galaxy + dr. Strange (yaeyalah, secara pilih kerjaan kok jadi pembunuh), dan kedua anak perempuannya setelah gede juga benciiiiiiiiii banget sama bapaknya ini.

Ok, short story, keknya karena faktor U si Thanos ini akhirnya kecapekan juga kudu menclok dari planet ke planet satu-satu. Satu planet beres isinya tinggal 50% eh, planet laen keranjingan beranak dan tiba-tiba penduduknya jadi 2,5 milyar aja. Iya, ini bumi maksudnya. Nah, kepikiran lah dia buat ngumpulin Infinity stones.

Apakah dia infinity stones ini? basically ini batu warna-warni ‘cem batu cincin yang punya kekuatan untuk mengendalikan waktu, jiwa, ruang, dan lain-lain. Asli deh, gw yakin kalo bukan karena kekuatannya ini, Thanos ga bakal mau pake nih batu-batu sampe 6 biji di tangannya karena selain warnanya dangdut banget, juga bentuknya ga beraturan belum diasah gitu lah. Power before look lah ya.

Kalo sampe Thanos berhasil ngumpulin keenam Infinity stones ini, dia bisa melakukan tugasnya, eng…melakukan pembunuhan masal maksudnya, cuma dengan goler-goler di kasur aja. Pertanyaanya: merk kasur apa yang akan dipilih Thanos buat goler-goler kalau dia menang melawan The Avengers + Guardian of the galaxy + Dr. Strange?

Jadi Avengers Infinity War dapet berapa bintang?

Menurut gw sih, ini salah satu film superhero terbagus yang pernah gw tonton. Untuk film yang lumayan lama 2,5 jam lebih, gw sampe bela-belain nggak minum sepanjang film karena ngerasa sayang banget kalau harus toilet break ditengah-tengah.

Nah, gw ga ngerti juga apa karena ini tema filmnya emang udah di titik emergency banget kudu harus nyelametin alam semesta, rasanya sih hampir nggak ada dialog yang dipanjang-panjangin nggak penting. Singkat (nggak juga deng, 2,5 jam gitu loh) padat jelas. Pokoknya dar-der-dor-bak-bik-buk dari awal sampe akhir. Cocok banget buat yang suka pelem action (‘cem gw).

Sedikit spoiler ya, jadi nggak seperti bayangan banyak orang kalau 20-an lebih superhero itu bakal ngumpul kayak anak SMA tawuran gitu. Kenyataannya, mereka kebagi jadi 3 kelompok di 3 tempat yang berbeda. Tapi dijamin nggak bakal pusing deh, soalnya emang alur penceritaannya asyik banget.

Last but not least, jokes nya lucu, to the level bisa bikin gw ketawa. Padahal ya, gw ini bisa straight face sepanjang acara standup comedian di TV lokal Indonesia berlangsung (asli, gw masih nggak ngerti juga kenapa gw rela buang-buang waktu nonton acara komedi yang nggak bisa bikin gw ketawa).

Worth the money nggak? Iya banget. Gw kemaren nonton 2d, kayaknya versi 3d nya lebih oke deh kali-kali ada uang lebih.

Ada tapinya? ada! Gw ga suka endingnya. There I said it. Gak bisa diitung spoiler ya ini, hehehe. Kenapa gw ga suka endingnya? Pertama, endingnya bikin gw pengen cepet-cepet tahun depan pas Avengers selanjutnya dirilis. Kedua, tonton aja deh sendiri, pasti kamu mengerti perasaanku saat ini.

Selain itu, gw melakukan kesalahan fatal pada saat memutuskan untuk memboyong anak-anak sekantor nonton premier Avangers Infinity War ini. Apa itu? Bukan, bukan dengan bikin nobar jam 2 siang jadi sekantor cuma perlu gawe setengah hari, kalo ini sih gw ngarep banget mereka jadi makin sayang sama Bu Bos nya ini. Amin. Tapi, karena gw sama sekali nggak menyempatkan diri untuk marathon nonton ulang film-film Marvel yang sebelumnya.

Ini nih panduan nonton Avengers Infinity War ala gw

Sebenarnya daftar yang lengkap-selengkap-lengkapnya sih bisa dibaca langsung disini. Tapi ini list nya panjang benget. Jadi, ini gw pilihin beberapa film dari Marvel universe yang menurut gw sih paling krusial ย ditonton supaya nggak kebingungan pas nonton Avengers Infinity War ‘cem gw kemaren:

  • Captain America Civil War dan Avengers Age of Ultron, aseli yang 2 ini jangan disekip kecuali kalau mau bingung ini siapa apa gimana dimana dan kenapanya. Karena di The Avengers Infinity War ini mereka langsung dar-der-dor mode aja nggak pake acara kenalan-kenalan lagi.
  • Dr.Strange, untuk tau infinity stones itu apa dan cara makenya gimana. Btw, Dr. Strange cuma punya infinity stone time (dalam bahasa Indonesia artinya “waktu”, oke sip) tapi pada dasarnya sih cara kerjanya mirip-mirip semua.
  • Guardian of the Galaxy, untuk dapetin setengah cerita Gamora dan Thanos. Setengahnya lagi justru diceritainnya di The Avengers Inifinity War ini.
  • Spiderman Homecoming, untuk tau kenapa Spiderman nempel banget sama IronMan.
  • Captain America The First Avenger, supaya kamu ngeh penjaga planet yang ada infinity stone Soul nya itu siapa dan sejarah bromance nya Steve ‘n Bucky..
  • Thor: Ragnarok, untuk tau kenapa di The Avengers Infinity War ini Hulk nggak bisa … eugh yang ini nggak bisa dilanjut karena bakal jadi super-duper-epic-spoiler. Pokoknya tonton aja lah. Dan juga untuk tau kenapa Thor berharap Loki … eugh lagi-lagi yang ini nggak bisa diceritain karena major spoiler banged. Temen nya temen sampe nggak jadi nonton gara-gara ada yang ngespoilin yang satu ini.
  • Black Panther, karena di The Avengers Infinity War sama sekali nggak diceritain mereka ini apa siapa dimana begimana. Mungkinkah ini marketing silang supaya yang belom nonton Black Panther kebingungan dan berakhir nonton? Sebenarnya film nya juga bagus kok, apalagi menjelang bulan puasa gini ya banyak inspirasi baju koko disana, jadi ya mendingan nonton aja deh.

Seperti biasa, kalau nonton film superhero jangan langsung pulang, karena setelah kredit pasti ada bocoran buat film lanjutannya. Avengers Infinity War ini bocorannya cuma 1. Nah, buat yang nggak ngerti sama maksudnya bocoran di akhir pelem Avengers Infinity War ini, boleh nanya di komen. Kenapa nggak ditulis sini aja sih? karena jadi spoiler donk masuknya ๐Ÿ˜‰

Avengers Infinity War bukan untuk semua orang

Last but not least, Avengers Infinity War ini bukan film anak-anak ya sodara-sodara sekalian. Ratingnya 13+ alias remaja. Selain adegan pembuhuhan masal yang emang wajib kudu ada karena ini kan kerjaan utamanya Thanos yak, beberapa adegan pembunuhan yang cukup sadesh (lagi-lagi pelakunya si Thanos) juga drama keluarga bapak-anak yang complicated dan berakhir nggak baik (lagi-lagi pelakunya Thanos. Jelas kan sekarang kenapa dia wajib banget dipites kayak semut yang ngerubungin makanan di meja).

Jadi…sudah nonton belum?


Update: Versi awal ngasih rujukan ke film yang nggak tepat, yaitu Captain America Winter Soldier. Sudah direvisi diganti dengan Captain America The First Avenger

12 Comments

  • Johansipp

    Penjaga soul stone ada pada capten america yg pertama, bukan winter soldier

  • bella agmia

    Aku jadi penasaran kaya apa filemnya. Tapi emg dari sampul depannya sepertinya bkn filem anak, tp udh terlanjur org2 dan anak kecil beranhgapan avengers ini super hero anak. Kan ada kartunya gitu ya.. anak ku g nnton kartunya sih ia suka lewat baju model avenger gitu.

    • Sissy

      Iya kak ini bukan film semua umur. Anakku suka nonton film kartunnya dipilihin yang semua umur. Tapi liat poster Infinity War malah ga minat, soalnya kostum superheronya beda sama yang di kartun. Hahaha

  • Yati Rachmat

    Bunda udah nonton sama anak cucu, tapi harus nonton sekali lagi nih, karena bingung banget, apalagi bunada berusaha gak ngeliat teks-nya. Mau nguji pedengaran dalam bahasanya dari sono.

    • Sissy

      Betul Bun, belajar bahasa dari film katanya memang yang paling oke. Ditonton juga Bun film-film Marvel lainnya, biar ngerti film lanjutannya dan bahasa inggrisnya juga makin ok.

  • Fanny F Nila

    Udaaaah doooong :p. Dan krn aku pecinta film marvels, jd pas nonton ini, udh lgs ngerti sih kenapa2 dan semua tokohnya :p. Palingan cuma lupa dikit2. Tp sama mba, aku ga sabar nonton keduanya thn dpn. Nth kenapa aku punya feeling, bahwa semua yg bikin sedih di akhir film itu akan bisa muncul lagi wkkwkwkwkw… Kan dia punya batu waktu yak

    Kali aja nanti si thanos jd insyaf dan bertobat, lalu bergabung dgn avangers. Oke, ini ngayal banget :p

    Abisnya aku blm bisa trima endingnyaaa

    • Sissy

      Aku pun belum bisa terima endingnya (T_T) pengen cepet-cepet tahun depan. Hahaha, iya sih Kak ngayal banget, tapi kalo dunianya udah balance kan harusnya Thanos nggak ada kerjaan lagi ya, bisa aja kali ya terus dia ngelamar jadi membernya Avengers. *Ikutan ngayal

  • Shovya

    Ini worth banget buat di tonton ๐Ÿ˜ sampe2 abis nonton ini pulangnya bengong sendiri, mikirin kelanjutannya ๐Ÿ˜‚

    • Sissy

      Sama banget Kak. Aku jadi kecanduan baca berbagai spekulasi lanjutan Avengers tahun depan.